Solusi Modem Tidak Bisa Detect SIM Card

Posted by Global Com Senin, 24 September 2012 0 komentar

Modem Tidak Bisa Deteksi SIM Card? Ini Solusinya


Solusi modem tidak bisa detect SIM Card
Aktifitas browsing internet dalam jangka waktu lama mungkin bagi anda yang maniak, seperti candu dalam otak dan perasaan anda. Memberi rasa nikmat tiada tara mengalahkan nikmatnya segelas kopi panas dan sebungkus rokok seiring melumpuhnya waktu menjelang subuh. 

Atau bagi anda "Sang Petualang Kartu Perdana" hobi nyari perdana internet cdma maupun gsm yang murah, seperti salah seorang teman Penulis, yang hobinya berganti-ganti kartu perdana internet (kebetulan dia pake modem gsm huawei e220 unlock).
Akibat terlalu seringnya dia keluar masukin sesuatu ke lobang...eh salah, maksudnya sering gonta-ganti kartu...berakibat fatal. Slot SIM CARD patah, sehingga modem tidak bisa mendeteksi SIM CARD 
Berikut akan saya share Solusi Modem Tidak Bisa Detect SIM Card.

Caranya sebagai berikut :

1. Pastikan lebih dulu  penyebab modem tidak bisa mendeteksi SIM Card. Pada beberapa kasus bisa  diakibatkan karena permukaan chip SIM Card kotor atau berdebu atau connector SIM Card kotor. Solusinya cukup dibersihkan menggunakan cotton bud (kapas pembersih telinga) yang diolesi minyak kayu putih secukupnya.

2. Untuk kasus slot SIM CARD patah (seperti yang dialami teman saya) memang tidak ada cara lain selain melakukan modifikasi pada modem menggunakan slot SIM Card external (pada modem GSM) atau slot RUIM Card (pada modem CDMA).
Penulis menggunakan contoh sekaligus praktek pada Modem GSM Huawei e 220 seperti tampak pada gambar 
Modem GSM Huawei E220
3. Buka Casing Modem GSM Huawei E220

Casing Modem GSM Huawei E220 dibongkar
Terlihat slot SIM Card patah pada salah satu ujungnya, hal ini mengakibatkan Modem GSM  tidak bisa mendeteksi SIM Card.

4. Lepas slot SIM Card dengan cara memanasi pake blower atau cukup pake solder.
5. Potong kabel data 6 jalur (bisa dibeli di toko elektro) sesuai kebutuhan. Solder masing-masing ujung kabel data pada connector slot SIM Card, sedangkan ujung kabel lainnya disolder pada slot SIM Card external. Seperti terlihat pada gambar.

kabel data disolder pada connector slot SIM Card

kabel data disolder pada slot SIM Card external
 6. Masukkan SIM Card ke dalam slot SIM Card external, lakukan tes pada modem dengan menghubungkannya ke komputer. Bila sambungan sudah benar, maka SIM Card akan terdeteksi oleh modem.

7. Kalau SIM Card sudah terdeteksi, tinggal anda rapikan posisi kabel dan menempelkan slot SIM Card external pada casing modem seperti pada gambar.











Demikian postingan saya tentang Solusi Modem Tidak Bisa Detect SIM Card, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah seperti ini

Oh iya, bila anda ingin tahu Cara Menguatkan Sinyal Modem GSM Huawei E220 anda bisa baca postingan saya di sini




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Solusi Modem Tidak Bisa Detect SIM Card
Ditulis oleh Global Com
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://internetmodem.blogspot.com/2012/09/solusi-modem-tidak-bisa-detect-sim-card.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar